Senin, 02 Mei 2011

Mengarang

TUGAS YANG MENARIK



Nama saya Budi ,. Saya seorang mahasiswa jurusan komunikasi . Hoby saya menggambar , cita –cita supaya bisa menggambar tiap peristiwa yang terjadi ( walau agak mustahil dengan handrawing ) . Tapi mungkin bisa dengan kamera .
Suatu hari dosen saya memberi tugas untuk membuat sebuah rekaman pendek tentang komunikasi di sekitar kita . Saya senang mendengar , akhirmya ada juga tugas yang menghibur ,setelah tumpukkan tugas yang memusingkan . Pada malam hari kakak saya datang untuk meminjam handycamp , katanya cuma buat besok aja . Walau agak tidak enak sayapun mengijinkannya .
Keesokan harinya di kampus tepat jam sepuluh saya sedang beristirahat dengan teman – teman , saat itu cuaca panas matahari terik . Saya mulai merekam dengan hp ekspresi mereka . Sorenya dua orang teman saya yang sedang ngobrol di lobby ( seakan memberi contoh ini komunikasi ) membuat saya teringat gambaran alur komunikasi yang dulu pernah diajarkan . Sepulang kampus kakak saya mengembalikkan handycamp , saat saya mengecek batrei sudah merah alias habis . Jadi saya yang cas .
Hari berikutnya , saya sudah bersiap untuk merekam kebiasaan teman – teman yang kalau sedang belajar mencuri waktu untuk chatting , ada juga yang browsing dan main game . Maklumlah mata kuliahnya mengetik dan copy paste . Saat pulang saya bertemu beberapa tukang ojek yang sedang bermain kartu . Kalau dilihat sepintas mereka Cuma main sambil mengisi waktu , tapi cara mereka mengisi waktu ini lebih baik daripada mereka mengganggu orang lain atau bergosip tentang sesama, tentu mereka tidak pakai taruhan .
Hari berikutnya lagi , saya merekam sebuah kejadian yang menarik menurut saya , ketika sedang menuju rumah teman ada gadis yang menunggu di halte bis sendirian . Gadis ini memegang hp , dengan wajah serius . Dia duduk sambil sesekali melihat bis . Tidak lama muncul seorang pria , kira – kira usianya sama seperti saya . Si pria ini melihat si gadis yang sibuk dengan hpnya tanpa memperdulikan kedatangannya . Lalu dia duduk disebelah gadis itu , dan entah kenapa seperti si pria ini ingin berkenalan dengan si gadis . Karena merasa ada yang aneh si gadis ini melihat ke si pria dan bertanya dengan agak galak , Kenapa mas?Mas jambret ya? Si pria panic dan bilang bukan mbak bukan. Tiba – tiba ada bis yang lewat , saya tidak bisa melihat apa yang terjadi seterusnya , yang pasti setelah bi situ pergi yang tersisa cuma si pria dengan wajah muram .
Kejadian yang tadi itu membuat saya berpikir . Kenapa si pria tidak mencoba untuk menegur atau menyapa si gadis tadi ?Mungkin dia takut atau tidak percaya diri .
Dari kemarin hasil rekaman saya tidak ada kasus atau masalah yang terjadi , semuanya cuma biasa – biasa . Saya jadi terpikir mungkin ini inti dari tugas yang diberi . Saya harus meriset atau meneliti komunikasi saat parktiknya dan bukannya hanya sekedar mempelajari teori tanpa tau adanya masalah tentang cara berkomunikasi / menerapkan komunikasi itu dalam hubungan orang dengan orang lain , seperti si pria dan si gadis itu .
Lalu saya mulai berimajinasi bagaimana jika si pria itu menggunakan cara yang tepat untuk berkenalan dengan si gadis , bukannya dengan meliat aja . Mungkin diawali dengan menegur si gadis ini saat akan duduk .Permisi mbak…boleh saya duduk?
Kalau si gadis memberi kesan negative duduk dan hindari melanjutkan komunikasi , kalau positif duduk dan mulai bertanya beberapa hal , seperti jam berapa, mau kemana ( pertanyaan yang ringan saja ) .Seterusnya kalau dijawab dengan nada yang tenang dan bersahabat komunikasi bisa dilanjutkan . Saat sedang berimajinasi pintu kamar saya diketok , ternyata sudah waktunya makan malam .
Hari pengumpulan tugas sudah dekat video pendek yang saya ambil lewat hp dan handycamp langsung digabung dan diedit di computer . Pengeditannya saja sampe malam . Saya dan teman saya bergantian melakukan pengeditan , maklum saja tugas yang dikumpulkan bertumpuk jadi ada yang sampe nginap di rumah .
Saat hari pengumpulan tiba , saya mengumpulkan tugas bersama yang lain . Saat itu dosen saya mengajak ngobrol dan memberi kami nasehat tentang tugas kami . Akhirnya tugas yang menarik , memberi hiburan , serta mendidik itu selesai , saya harap tugas seperti itu ada lagi di semester berikutnya dan semoga saya juga tidak lupa cara berkomunikasi yang benar .


TAMAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar